Minggu, 27 April 2014

WOW, TRADISI CIUM MASAL BALI

Ciuman masal ini dinamai Omed-omedan, yaitu tradisi unik masyarakat Bali setelah hari raya Nyepi yang dilakukan oleh kaum laki-laki dan perempuan yang sebagian besar adalah kaum remaja. Dalam bahasa bali omed-omedan memiliki arti tarik-tarikan. Jika festival ogoh-ogoh dilakukan sehari sebelum Nyepi, omed-omedan berlangsung satu hari setelah Nyepi. Kali ini diselenggarakan di Desa Sesetan, Denpasar Selatan, Bali. Omed-omedan telah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan telah menjadi festival tahunan dalam kalender wisata di Denpasar 

Tontonan yang bisa dibilang mesum ini, selalu dibanjiri oleh peserta. Karena memang kegiatan ini sangat digemari oleh masyarakat Bali. Adapun tata cara prosesi omed-omedan, sebagai berikut:

Masing-masing peserta dipisah menjadi dua kelompok, pria dan wanita yang berbaris satu bujur ke belakang dengan posisi berhadap-hadapan sambil memeluk perut teman didepannya. Begitu juga peserta prianya. 

Mereka yang akan melakukan ritual omed-omedan berada paling depan dengan posisi digendong. Mereka saling mendekat. Begitu terjangkau, mereka berciuman. Ciuman akan berhenti setelah ketua adat membunyikan pluit dan menyiramkan air. Kegiatan yang hanya boleh diikuti muda-mudi yang belum menikah ini diawali dengan prosesi berdoa bersama. Kemudian, dua kelompok tadi melakukan atraksi saling memeluk dan mencium seraya sambil mengucapkan selamat tahun baru. Saat berpelukan itulah tidak jarang pesertanya saling mencium bibir, kendati kemudian ditarik atau dilerai peserta lainnya dengan disiram air. 

Meski tradisi omed-omedan tidak sesuai dengan adat ketimuran, namun festival ini hampir selalu diselenggarakan. Pernah suatu ketika omed-omedan dihentikan dan kemudian yang terjadi adalah perkelahian antara dua babi. Warga menganggap jika tradisi ini tidak diteruskan, maka ditakutkan hal-hal buruk akan terjadi. Sejak itu, omed-omedan kembali digelar setiap tahunnya. 

Akibat dari festival ciuman masal ini, banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ikut menyaksikannya. 

Pengen ke Bali? Yuk booking tiketnya di bawah sini:

SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api
Lebih rinci soal paket tour, bisa di contact di atas!

Ingin info, gambar, video unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow Yuk               : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
: @bulanmaduhemat
Page Facebook:      : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                        : Travell Keren

rujukan: http://www.masstrip.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar