Rabu, 30 April 2014

FILOSOFI TRADISI NYENTRIK

Kepulauan nusantara menyimpan ribuan tradisi unik yang tidak ada duanya di dunia. Berikut 4 tradisi unik khas Indonesia yang menjadi bagian dari kehidupan warga setempat. Ternyata, diantara tradisi unik itu tersimpan kearifan lokal yang barangkali sulit dimengerti oleh manusia jaman sekarang.

1. Lompat batu di Nias


Anda pasti kenal tradisi lompat batu di Pulau Nias, Sumatera Utara bukan? Inilah tradisi yang sudah berlangsung berabad-abad dan masih terjaga dengan baik hingga hari ini oleh masyarakat Nias.
Seorang lelaki anak baru gede akan berlari, menginjak sebuah bongkahan batu, lalu kemudian meloncati batu setinggi 2 meter! Jika berhasil meloncati batunya tanpa tersentuh dan mendarat dengan benar, maka dia dinyatakan sudah dewasa, baik secara fisik maupun pemikiran. Dan yang lebih penting lagi, sudah dibolehkan menikah.

2. Kerik gigi di Mentawai


Kerik gigi menjadi tradisi unik Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Tradisi ini dilakukan oleh seorang perempuan anak baru gede sebagai pertanda dirinya sudah dewasa. Gigi mereka akan dikerik memakai kayu hingga seruncing gigi drakula. Perempuan-perempuan itu percaya kalau gigi yang runcing menambah kecantikan mereka. Untuk membuat Para pria semakin tergila-gila!

3. Tato tubuh orang Dayak
 


Suku Dayak hidup di pedalaman Kalimantan. Mereka adalah masyarakat asli yang memiliki segudang tradisi unik, satu diantaranya tato Dayak. Gambar di atas adalah tato asli Dayak yang sudah dikenal turis dunia.
Tato bagi masyarakat Dayak bukan sekedar hiasan, melainkan memiliki makna. Setiap orang Dayak memiliki motif tato berbeda-beda. Tato di sekitar jari tangan menunjukkan dia ahli mengobati penyakit. Tubuh yang dipenuhi tato berarti kuat mengembara. Tato Dayak tak bisa dibuat sembarangan, karena itu adalah tradisi dari leluhur mereka.

4. Potong jari di Papua
 


Perempuan tua suku Dani di Wamena, Papua, sering disebut mama. Bila ada anggota keluarganya meninggal dunia biasa melakukan tradisi potong jari. Tradisi potong jari merupakan warisan leluhur yang hingga kini dijaga dengan baik. Saat ada anggotanya meninggal dunia, mama langsung memotong jarinya dengan menggunakan kampak batu. Bila sudah ada satu pun jari yang bisa dipotong, maka bagian dari daun telinga dipotong. Mama percaya, sesakit apapun jari yang dipotong, tentu saja lebih sakit ditinggalkan anggota keluarganya ke alam baka.

Ingin liburan ke semua tempat di atas? Silahkan booking tiketnya di bawah sini:


SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api
Lebih rinci soal paket tour, bisa di contact di atas!

Ingin info, gambar, video unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow Yuk               : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
: @bulanmaduhemat
Page Facebook:      : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                        : Travell Keren

Rujukan:http://www.sayangi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar