Selasa, 15 April 2014

NAIK BIS SINGAPURA MEMANG UNIK

Ada dua bus umum utama yaitu SBS Transit dan SMRT. Cara naik dan cara pembayaran bus berbeda dengan di Indonesia. Sebaiknya orang Indonesia yang baru pertama kali ke Singapura tahu sistemnya ini.
1.Di Singapura tidak ada kondektur atau kernet, adanya cuma sopir; jadi jika bayar bus langsung ke sopirnya.


2.Untuk Cara bayarnya bisa menggunakan uang cash atau dengan EZ-link card atau Singapore Tourist Pass (STP). Agar perjalanan anda nyaman, tidak perlu menyiapkan uang pas karena sebaiknya anda membeli EZ-link card atau Singapore Tourist Pass (STP). (sudah di jelaskan di postingan sebelumnya).


3.Kita tidak bisa menyetop bus di sembarang tempat atau di sembarang halte. Hanya di halte tertentu bus tersebut berhenti. kadang bus malah tidak berhenti di halte sebelahnya. Jadi perhatikan di halte mana saja bus berhenti. Silakan lihat peta jalur bus yang ada di halte. Jalan-jalan mana saja yang dilewati terpampang jelas. Perkiraan jam berapa bus tersebut datang juga ada di situ.


4.Bus mulai beroperasi dari pukul 5.00 sampai tengah malam. Namun menjelang tengah malam kadang tidak semua bus lewat. Jadi perlu kita perhatikan jam beroperasi busnya.


5.Tentukan tujuan dan cari nomor bus yang sesuai. Lambaikan tangan untuk menyetop bus di halte tersebut. Untuk naik bus penumpang harus lewat dari pintu depan, pintu di sebelah sopir. Pintu bagian tengah khusus untuk keluar. Naik bus harus antri dengan tertib, ikuti jalur-jalur atau tanda-tanda yang telah disediakan. Sopir akan sabar menunggu semua penumpang masuk.


6.Jika anda pakai kartu ezlink atau Singapore Tourist Pass (STP), sebelum masuk bus anda wajib men-tap kartu tersebut. Sopir akan memperhatikan satu-satu apakah penumpang sudah membayar atau men-tap kartunya


7.Di dalam Bus, bila anda berdiri jangan lupa pegangan, karena bus kadang berhenti mendadak. Bila anda tidak berpegangan anda bisa terlempar dan luka. Khusus untuk penumpang paling belakang tengah kadang disediakan sabuk pengaman untuk mencegah jatuh ketika bus berhenti mendadak.


8.Di dalam bus ada kursi khusus untuk penumpang lanjut usia atau ibu hamil (reserved seat). Sebaiknya anda jangan duduk di situ.


9.Di dalam bus memang kadang tidak ada tanda dilarang makan/minum. Namun anda jangan makan/minum atau merokok untuk menghindari denda dan menghormati penumpang lainnya.


10.Karena bus hanya berhenti di halte-halte tertentu saja, maka anda perlu mengetahui halte tujuan. Sebelum sampai di halte tujuan, pencet tombol merah yang ada tiang besi dekat kursi. Bila mendengar bel, sopir akan berhenti di halte tujuan terdekat. Bila anda kelewatan halte, anda tidak bisa turun di tengah jalan. Anda harus turun di halte tujuan selanjutnya.


11.Penumpang turun bus dari pintu tengah. Namun jika sulit keluar dari pintu tengah, dari pintu depan juga bisa. Bila mau keluar dari pintu depan sebaiknya tanya dulu, apakah boleh keluar dari pintu depan.


12.Bila anda bayar pakai cash, bayar dengan uang pas; karena sopir tidak punya kembalian. Bila uang tidak pas dan memaksa naik, anda bisa kena denda dan bayarnya jadi tambah mahal. Harga tiket bus cash bisa dilihat di papan pengumuman halte.


13.Dan jika anda menggunakan EZ-link card atau Singapore Tourist Pass (STP). Jangan lupa untuk men-tap lagi kartunya sebelum keluar.

 

Yuk Booking ticketnya di:

SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api
Lebih rinci soal paket tour, bisa di contact di atas!

Ingin info, gambar, video unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow Yuk               : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
: @bulanmaduhemat
Page Facebook:       : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                        : Travell Keren

Rujukan:http://forum.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar