Senin, 19 Mei 2014

KULINER TRADISIONAL SINGAPORE, YUMMMY...


Kita akan dapati beragam kuliner tradisional di Singapura. Keterbatasan lahan dan sumber daya alam tidak menghalangi negeri singa ini untuk memiliki koleksi beragam jenis makanan enak yang sangat khas dan sangat diburu oleh para wisatawan mancanegara. 

Awalnya Singapura adalah distrik yang berada dalam kekuasaan kerajaan Malaysia. Pada tahun 1819, Sir Stamford Raffles mendarat di wilayah ini lantas dijadikan markas pemerintahan sekaligus pusat perdagangan kerajaan Inggris di Asia Tenggara. Selanjutnya, banyak pendatang dari berbagai penjuru dunia, termasuk di antaranya para kaum migran dari China, Eropa dan India yang membawa serta adat dan kebiasaan mereka, termasuk di antaranya kekayaan kuliner dari negeri masing-masing. Kaum migran inilah yang kemudian memiliki andil memperkaya khasanah kuliner Singapura menjadi seperti saat ini.


Cita rasa kuliner Singapura yang kita kenal saat ini sesungguhnya adalah hasil paduan dari berbagai jenis makanan yang dibawa kaum migran tersebut hampir 200 tahun lalu. Proses akulturasi yang berjalan mulus antarkaum pendatang menghasilkan beragam jenis makanan baru hasil persilangan lintas budaya. Pemerintah setempat saat ini dengan piawai mengelola dan mengekspose uniknya citarasa kuliner yang dimiliki oleh negerinya hingga menjadi sumber devisa, khususnya dari pos pariwisata. Sehingga jenis makanan yang paling sederhana sekalipun berhasil diangkat popularitasnya ke tingkat dunia.

Cita Rasa Pedas 
Masyarakat Singapore kebanyakan tidak akan bisa ‘menolak’ jenis makanan yang pedas. Karena itu, kebanyakan makanan di Singapura memiliki ciri khas cita rasa yang  pedas. Bahkan untuk makanan seperti "carrot cake" sekalipun, selalu disajikan dengan sepiring kecil saus sambal ataupun cabe yang dipotong kecil-kecil. Beberapa makanan bercitarasa pedas yang sangat terkenal dan menjadi icon Singapura adalah curry, laksa dan chillicrab. Jenis makanan ini banyak dijual di pelosok Singapura, mulai dari kedai-kedai kecil di pinggir jalan, hingga restoran papan atas nan mewah. Meski jumlah dana Anda terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati nikmatnya kuliner Singapura. Justru Anda akan kaget karena sebenarnya makanan di Singapura harganya sangat terjangkau. Bahkan bisa dibilang mirip dengan harga makanan yang banyak dijual di food-court yang ada di kebanyakan mall di kota-kota besar di Indonesia. 

Sebab kebanyakan masyarakat Singapura adalah para pekerja yang setiap hari jarang ada di rumah, seringkali mereka juga tidak sempat memasak makanan mereka sendiri di rumah. Nah, itulah banyak bermunculan food-court ataupun depot-depot yang menjual makanan dalam bentuk take-away (bungkus). So, di food-court dan depot-depot inilah, Anda bisa mencicipi nikmatnya kuliner Singapura yang sesungguhnya! Jenis-jenis makanan seperti chao guotiao, fried seafood noodles, Hokkien fried mee, mee hoon kueh, menjadi beberapa makanan paling favorit dan yang paling banyak diminati. Ratarata harga satu porsi makanan tersebut di food-court lokal berkisar pada 2.00 – 3.50 SGD (1 SGD = +/- Rp 6500)

Pengen nyobain rasanya? Kunjungi, kamu booking tiketnya di bawah sini:
 
SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api
Lebih rinci soal paket tour, bisa di contact di atas!

Ingin info, gambar, video unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow Yuk               : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
: @BaliYuk
Page Facebook:      : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                        : Travell Keren

Rujukan:http://www.foodnresto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar