Senin, 05 Mei 2014

CANDI MENDUT; TUA BERTUAH!

Banyak wisatawan mengunjungi candi ini. Mereka menganggap candi Mendut lebih tua dan bertuah, daripada Candi Borobudur. Bila travelers sudah berkunjung ke Borobudur, sempatkan juga berkunjung ke Candi Mendut ini


Candi ini bercorak Buddha. Letaknya di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya, paling timur garis lurus dari utara ke selatan dari tiga rangkaian percandian di kawasan Mungkid, yaitu Borobudur, Pawon dan Mendut. Sekitar 3 km arah timur dari Candi Borobudur dan 1,5 km arah utara dari Candi Pawon.

Uniknya candi ini berbeda dari candi-candi di Jawa lainnya yang menghadap matahari terbit. Sementara pintu masuk candi ini menghadap ke arah barat laut. Travelers akan menemukan hiasan yang unik terukir berselang-seling berupa mahluk-mahluk kayangan, dua ekor keradan seekor garuda. Ada juga relief-relief di kedua tepi tangganya.


Bangunannya terbuat dari batu andesit dengan luas keseluruhan 13,7×13,7 dan menjulang setinggi 26,5 meter dengan 48 stupa kecil pada bagian atasnya. Sayangnya, bagian atap candi sudah tidak bersisa sehingga tidak diketahui lagi bentuk aslinya. Atap candinya sendiri terdiri dari tiga kubus disusun mengerucut mirip dengan candi yang ada di Dieng dan Gedong Songo.

Selain melihat keunikan bentuk, ukiran, relief dan sejarah Candi Mendut, banyak pengunjung yang datang ke tempat ini memiliki tujuan lain. Candi ini dianggap bertuah, karena itu banyak pasangan suami istri yang belum dikaruniai keturunan datang ke sini memohon kepada Dewi Kesuburan (Mitos).


Anggapan ini dikaitkan dengan adanya relief Hariti, yang digambarkan sedang duduk memangku anak dan disekelilingnya beberapa anak sedang bermain. Menurut cerita, Hariti adalah raksasa yang gemar memakan anak kecil tapi kemudian bertobat dan menjadi pelindung anak-anak saat bertemu Sang Buddha. Sebab itu Hariti dikenal sebagai Dewi Kesuburan.

Moment paling seru mengunjungi Candi Mendut adalah saat perayaan Upacara Waisak setiap bulan Mei pada saat bulan purnama. Candi ini dibuka setiap harinya mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore. Jangan lupa kunjungi objek wisata menarik lainnya selama di Jawa Tengah ini. 

Tiket Pesawatnya bisa dibooking di bawah sini:


SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api
Lebih rinci soal paket tour, bisa di contact di atas!

Ingin info, gambar, video unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow Yuk          : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
: @BaliYuk
Page Facebook  : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                  : Travell Keren

Rujukan:http://content.rajakamar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar