Kamis, 17 Juli 2014

3 SENIMAN UNIK JOGJA

Pernah tahu, rumah unik dan keren jogja? Itu salah satu tanda betapa Jogja memang menjadi kota seni.

Tak ada yang bisa membantah, bahwa Jogja adalah kota seni. Bukan hanya berbagai kesenian lestari, Jogja juga banyak mencetak musisi handal yang diakui di tingkat nasional maupun internasional.

Bukan hanya seniman arsitektur dan desain interior seperti museum, Tidak sedikit seniman di Jogja yang besar lantaran menempa karya di jalan. Maklum, di Jogja kita bisa mengeksplorasi kemampuan seni dan kepekaan estetis secara bebas. Tak heran bila musisi jalanan di Jogja sangat banyak, dan tidak seragam. Mereka memiliki gaya ekspolarsi seninya masing masing.

Gaya eksplorasi itulah yang membuat mereka unik dan dikenal oleh masyarakat. Setidaknya ada tiga ciri khas gaya pengamen di Jogja.

1. Pengamen Bergitar


Ini pengamen yang paling sering kita temui. Sebab tidak hanya ada di Jogja. Umum, ada dua tipe pengamen bergitar. Pertama pengamen bergitar yang ngamen sendirian. Dia memainkan gitar sekaligus bernyanyi.

Ada juga, pengamen gitar berkelompok. Biasanya tidak hanya memainkan satu alat musik saja. Selain ada yang memainkan gitar, ada pula yang memainkan alat musik yang lain seperti ketipung, harmoni, kencrung atau alat musik lain.

2. Pengamen Angklung


Mengamen dengan angklung sedang hits di kota Jogja. Mereka banyak meramaikan beberapa sudut kota Jogja. Mereka terdiri dari beberapa orang yang membawa alat musik yang berbeda-beda. Ada sebagian yang membawa angklung, biasanya lebih dari satu. Ada yang membawa ketipung. Selain melantunkan musik, ada juga yang bergoyang.

Bedanya dengan pengamen bergitar, pengamen angklung ini menetap di satu tempat. Pengamen angklung bisa ditemui di jalan Malioboro, perempatan samping satlantas, perempatan gondomanan, dan beberapa ruas jalan lainnya.

3. Pengamen Seni Tradisi


Mereka memadukan antara berbagai unsur seni tradisi seperti tarian dan alat musik tradisional. Cirinya, penggunaan alat musik tradisional dan busana tradisional, seperti kostum pemain jathilan atau reog. Kamu bisa jumpai di perempatan, terutama perempatan ring road.

Penari dalam pengamen seni tradisi ini bisa laki-laki maupun perempuan. Para penari bergoyang sesuai dengan irama kenong yang dipukul oleh pembawa alat musik. Para penari itu pula yang menudian bertugas berkeliling memutar kotak kepada pengguna jalan yang tengah berhenti di lampu merah.

Mau main ke Jogja, pengen dapet tiket pesawat termurah? Dibawah!
 


SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat
Lebih rinci soal paket tour, bisa di contact di atas!

Ingin info, gambar, video unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow Yuk               : @infotiketSBY
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
: @BaliYuk

Page Facebook:      : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand

Group                        : Travell Keren

Rujukan:http://kampusjogja.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar